Inovasi Kapiten Pasuruan GETAS JUARA Masuk Top 99 Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2022

Inovasi Kapiten Pasuruan Getas Juara (Kopi Asli Kabupaten Pasuruan Sebagai Penggerak Ekonomi Petani Kopi Pasuruan Menuju Citarasa Internasional) terpilih masuk Top 99 Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) di Lingkungan Kementrian/Lembaga, Pemerintah Daerah, BUMN dan BUMD tahun 2022.

Pada Hari Rabu Tanggal 6 Juli 2022 bapak Wakil Bupati Pasuruan, KH Abdul Mujib Imron (Gus Mujib) menyampaikan dalam sesi Presentasi dan wawancara kompetensi Inovasi Pelayanan Publik tentang potensi kopi di Kabupaten Pasuruan sangat besar dimana luas areal tanam kopi yang mencapai 5.351,97 hektar bisa menghasilkan 712,81 Kg/Ha dengan produksi 1.388,34 ton ose. Sentra kopi di Kabupaten Pasuruan dari 8 kecamatan, yakni Kecamatan Purwodadi, Tutur, Puspo, Lumbang, Pasrepan, Purwosari, Prigen, dan Tosari.

Dengan besarnya potensi tersebut, Pemkab Pasuruan terus melakukan berbagai upaya dan program, seperti safari, branding, touring, dan social media and moca (mobil and cafe).

Gus Mujib menjelaskan, untuk program safari lebih ditekankan pada upaya meningkatkan pengetahuan petani tentang budidaya dan pengolahan pasca panen kopi melalui sosialisasi, pelatihan dan bantuan sarana prasarana.

Perihal branding, Pemkab Pasuruan telah mencatatkan  hak merk Kapiten Pasuruan pada Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia RI dengan sertifikat Nomor IDM000611740 tertanggal 28 Desember 2016. Selain itu, Kapiten Pasuruan juga telah memiliki Sertifikat Indikasi Geografis Kopi Robusta Pasuruan yang diterbitkan oleh Kementerian Hukum dan HAM sebagai identitas spesifik lokasi dengan nomor pendaftaran IDG000000084  Tahun 2018.

Untuk program touring, Fasilitasi promosi dan pemasaran produk Kapiten Pasuruan intens dilakukan. Yakni dengan mengikuti kegiatan pameran di tingkat regional dan nasional.

Selain itu, Pemerintah daerah juga menggandeng pemilik cafe di wilayah Kabupaten Pasuruan untuk menjual produk Kapiten dan melibatkan eksportir untuk mulai ekspansi ke pasar internasional.

Berita Terkait

MOBIL KAPITEN

Mobil KAPITEN merupakan sarana untuk promosi KAPITEN Pasuruan yang didalamnya dilengkapi dengan Mesin Penyeduh Kopi sehingga citarasa KAPITEN PASURUAN dapat dikenal dan dirasakanRead More

Stand Kabupaten Pasuruan Diserbu Masyarakat

Untuk mendukung kegiatan MarkPlus Conference 2018, Pemerintah Kabupaten Pasuruan  melalui Dinas Kominfo dan Dinas Pertanian Kabupaten Pasuruan mengikuti pameran sehariRead More

Tingkatkan Kesadaran pada Cyber Security

Untuk meningkatkan kesadaran tentang keamanan siber (cyber security), masyarakat diminta untuk mengganti  password email dan mengganti pin ATM secaraRead More

No Comments

Tuliskan Komentar